PENGOPTIMALAN TATA LETAK DAN KEBERSIHAN PASAR RAKYAT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MINAT MASYARAKAT TERHADAP PASAR RAKYAT MENGGUNAKAN MULTIDIMENSIAL SCALLING (MDS)

Authors

  • Chotamul Karomah UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA
  • Zulia Dewi Wardani UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA
  • Endang Sulastri UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

Keywords:

pasar rakyat, pasar modern

Abstract

Peminat pasar rakyat atau dikenal juga sebagai pasar tradisional mengalami penurunan. Masyarakat lebih memilih berbelanja di pasar modern dibanding pasar rakyat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kesan pasar rakyat yang kotor dan kumuh menjadi salah satu faktor penyebab kurangnya minat masyarakat untuk berbelanja di pasar tersebut. Perlu adanya peningkatan kualitas pasar rakyat, salah satunya dengan pengoptimalan tata letak pasar. Pengaturan tata letak pasar dapat mempermudah konsumen untuk berbelanja di pasar rakyat. Multidimensial Scalling dapat digunakan untuk mengatur tata letak pasar dengan pengelompokkan objek yang dijual. Selain itu, dengan adanya pengaturan tersebut dapat dilakukan penempatan tempat sampah yang tepat agar konsumen tidak membuang sampah sembarangan sehingga pasar akan terlihat rapi dan bersih. Upaya tersebut diharapkan mampu untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap pasar rakyat.

Published

2020-11-12

Issue

Section

Articles