MITIGASI BENCANA GEMPA BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN METODE FUN THERAPY

Authors

  • Lucyana Lufti Universitas Andalas
  • Rahmadani Universitas Andalas
  • Irvan Zikri Universitas Andalas
  • Hafiz Surahman Universitas Andalas
  • Muhammad Idil Fitra Universitas Andalas
  • Rahmadi Kurnia Universitas Andalas

Keywords:

Fun Therapy, autis, mitigasi

Abstract

Anak berkebutuhan khusus seringkali terabaikan saat bencana gempa terjadi. Padahal bencana gempa terjadi kapan saja dan menimbulkan risiko yang sangat berbahaya. Upaya mengurangi risiko bencana gempa sangat diperlukan terutama bagi anak berkebutuhan khusus, seperti anak-anak autis. Pada program ini kami mengambil mitra siswa-siswi autis yang berada di SLB AUTISMA YPPA Padang, yang terletak di daerah rawan gempa. SLB ini memiliki 44 orang siswa dan 18 staf pendidik. Dari survey yang dilakukan tim kepada mitra, guru-guru sangat kewalahan melakukan evakuasi saat terjadi bencana gempa karena siswa-siswi tidak pahamakan adanya bahaya, dan apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana gempa. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan peningkatan pemahaman kepada anak-anak autis mengenai upaya penyelamatan diri saat bencana gempa terjadi. Penyampaian materi mitigasi dengan cara sosialisasi cenderung satu arah dan monoton, sehingga tidak menarik minat dan perhatian anak-anak autis. Oleh karena itu digunakan game edukatif yang menyenangkan berbasis mobile game sebagai media penyampaian materi mitigasi untuk menarik perhatian anak-anak autis terhadap mitigasi yang dilakukan. Dengan metode ini diharapkan risiko dari bencana gempa terhadap siswa-siswi autis dapat diminimalisir. Hasil akhir yang didapatkan adalah terwujudnya perubahan sikap dari siswa-siswi autis sehingga mampu mengevakuasi diri sendiri sesuai prosedur penyelamatan diri yang benar saat menghadapi gempa.

Published

2020-11-12