PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN QR-CODE DAN AUGMENTED REALITY

Authors

  • Adhityo Dewandoro Universitas Gunadarma
  • Matrissya Hermita Universitas Gunadarma
  • Nurlintang Putri Ayuning Rizal Universitas Gunadarma
  • Aditia Puspitasari Universitas Gunadarma

Keywords:

Qr-Code, Augmented Reality, Media Pembelajaran, ASD

Abstract

Perkembangan serta penetrasi penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi di Indonesia saat ini
sudah menyentuh hampir seluruh aspek kehidupan manusia termasuk aspek pendidikan melalui
inovasi pada media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting
dalam memprediksi keberhasilan suatu proses belajar, termasuk Pendidikan pada anak
berkebutuhan khusus Autism Spectrum Disorder (ASD). Batik Keraton adalah salah satu media
pembelajaran berupa kartu pintar dan aplikasi mobile berbasis android. Pengembangan aplikasi ini
memanfaatkan teknologi qr-code dan augmented reality untuk memgakses materi pembelajaran
abjad yang disusun berdasarkan telaah psikologi pendidikan khususnya Pendidikan anak dengan
ASD. Pemanfaatan teknologi qr-code ditujukan untuk memberikan keleluasaan pada pengembang
aplikasi untuk memperbarui materi pembelajaran secara berkala. Selain itu, dengan memanfaatkan
teknologi augmented reality dapat memberikan stimulus yang menarik kepada peserta didik,
khususnya anak dengan ASD, sehingga diharapkan dapat meningkatkan motivasi serta minat
belajar.

Published

2020-11-12

Issue

Section

Articles